Bab 2 – Menyiapkan CI dalam Server WEB

Ada 3 direktori sertaan dari CI, yaitu :

  • application
  • system
  • user_guide

Dari ketiga direktori tersebut di atas, maka direktory user_guide bisa di hapus, jika proses pembuatan aplikasi dengan CI telah selesai. Mengapa? Karena direktori user_guide hanya berisi dokumentasi bagaimana kita menggunakan CI. direktori ini perlu ada, untuk membantu kita melihat bagaimana menggunakan librari class dan fungsi yang dimiliki CI. Tetapi jika kita sudah hafal atau memiliki rujukan di tempat lain untuk dokumentasinya, maka direktori ini dapat dibuang, karena cukup besar juga ukurannya.

Direktori system adalah direktori inti dari semua librari class dan fungsi yang dimiliki oleh CI untuk dapat digunakan untuk mengembangkan aplikasi.

Direktori application adalah direktori tempat pemogramman membuat aplikasi dengan menggunakan CI, termasuk didalamnya pemogram bisa menambahkan librari class dan fungsi tambahan, apabila librari class dan fungsi yang disediakan oleh CI tidak memadai untuk kebutuhan program yang dibuat.

Selain ketiga direktori yang telah disebutkan, maka ada sebuah file yang tidak boleh dihapus, yaitu file index.php. File index.php inilah yang akan melakukan proses pengarahan (dispatch) suatu aplikasi yang dibuat untuk dijalankan. jika tidak disebutkan, maka file index.php ini akan menjalankan aplikasi default yang telah disediakan atau di definisikan oleh pemrogram.

 

Uji Hasil Instalasi

Instalasi CI cukup dilakukan dengan melakukan ekstraks paket CI ke dalam suatu direktori, dalam contoh diatas, kita mengekstraks ke dalam direktori ci23, dibawah c:\xampp\htdocs.

Untuk menguji instalasi CI telah benar atau tidak belum cukup menggunakan browser, kemudian masukkan URL ke dalam browser dengan http://alamatserver/ci23, alamat serer yang digunakan dalam kasus ini adalah komputer sendiri, maka kita bisa menggunakan http://localhost/ci23. Berikut adalah tampilan dari http://localhost/ci23 :

CI

Tampilan CI

 

Tampilan diatas merupakan tampilan default dari suatu hasil instalasi CodeIgniter yang standar. yang akan menampilkan pesan selamat datang.

Pada tampilan di atas, ditunjukkan bahwa halaman tersebut dihasilkan dengan menggunakan controller dengan nama welcome.php yang dapat ditemukan pada direktori application/controllers dan view dengan nama welcome_message.php yang ada pada direktori application/views, yang ada dibawah c:\xampp\htdocs\ci23.

Tampilan diatas adalah tampilan eksekusi dari CodeIgniter yang baru terpasang. Tampilan diatas dapat ditampilkan, apabila default file index dari server web yang kita gunakan adalah index.php.

File index.php yang ada pada direktori ci23 kemudian akan membaca dan mengeksekusi file script controller welcome.php yang ada pada direktori application/controllers. File controller welcome.php kemudian akan membaca dan menampilkan informasi dari controller ke dalam file view welcome_message.php.

 

Sumber : Buku PHP Framework CodeIgniter

Leave a comment

May 2024
M T W T F S S
 12345
6789101112
13141516171819
20212223242526
2728293031  
terbanyak dipilih
  • None